Open GL bukan merupakan bahasa pemrograman tetapi merupakan library portable yang dapat digunakan di hampir semua bahasa pemrograman.
-Langkah pertama adalah menginstall Dev C++
-Pilih tools - Package manager maka akan muncul jendela package manager lalu pilih package yang ada pada status bar lalu pilih install package, maka akan mucul jendela untuk mencari package cari glut 3.7.6 yang sudah ada pada komputer anda lalu install
- setelah proses installasi dev C++ dan glut selesai pilih file -new -project yang ada pada status bar maka akan muncul jendela new project lalu pilih multimedia dan kemudian pilih opn GL lalu pilih ok
- Agar project dapat dicompile tambahkan :
lglut32
lglu32
lopengl32
lwinmm
lgdi32
- caranya pilih project -parameters - tambahkan pada kotak dialog linker.
Pada saat kita akan membuat project baru maka secara otomatis maka akan muncul banyak coding pada layar. Yang perlu anda ganti pada :
"/* opengl animation codes goes here */"
PROGRAM SEGITIGA
#include <windows.h>
#include <GL/gl.h>
#include <GL/glu.h>
#include <GL/glut.h>
#include <math.h>
void display(void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_TRIANGLES);
glColor3f(1.0, 1.1, 0.1);
glVertex2d(-1, -(1*sqrt(3))/2);
glVertex2d(1, -(1*sqrt(3))/2);
glVertex2d(0, (1*sqrt(3))/2);
glEnd(); glFlush(); /* Single buffered, so needs a flush. */
}
int main(intargc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutCreateWindow("SEGITIGA");
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
OUTPUT SEGITIGA
 |
segitiga |
PENJELASAN PROGRAM :
glBegin(GL_TRIANGLES);
merupakan coding untuk membuat segitiga, jika kita akan membuat garis maka ubah TRIANGLES dengan LINE. Serta ubah skala garis yang diinginkan.
glColor3f(1.0, 1.1, 0.1);
adalah perintah untuk memberi warna apada segitiga
glVertex2d(-1, -(1*sqrt(3))/2);
glVertex2d(1, -(1*sqrt(3))/2);
glVertex2d(0, (1*sqrt(3))/2);
coding di atas digunakan untuk mengatur skala segitiga.
glutCreateWindow("SEGITIGA");
coding di atas adalah perintah untuk membuat window dengan nama SEGITIGA
PROGRAM PERSEGI
#include <windows.h>
#include <GL/gl.h>
#include <GL/glu.h>
#include <GL/glut.h>
#include <math.h>
void display(void)
{
glClearColor (0.0,0.0,0.0,0.0);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2f(-0.5,-0.5);
glVertex2f(-0.5,0.5);
glVertex2f(0.5,0.5);
glVertex2f(0.5,-0.5);
glEnd ();
glFlush();
}
int main(intargc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutCreateWindow("PERSEGI");
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
OUTPUT PERSEGI
 |
persegi
|
PROGRAM GARIS
#include <windows.h>
#include <GL/gl.h>
#include <GL/glu.h>
#include <GL/glut.h>
#include <math.h>
void display(void)
{
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,0.0);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glEnd ();
glFlush();
}
int main(intargc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutCreateWindow("GARIS");
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
OUTPUT GARIS
 |
garis |
PENJELASAN PROGRAM :
glBegin(GL_LINES);
merupakan coding untuk membuat garis.
glVertex3f(0,0,0.0);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
merupakan coding untuk mengatur skala garis.
glClearColor(1,1,1,0);
merupakan perintah untuk memberi warna background dengan format R G B A
glutCreateWindow("GARIS");
digunakan untuk membuat window dengan nama GARIS
PROGRAM POLYGON
#include <windows.h>
#include <GL/gl.h>
#include <GL/glu.h>
#include <GL/glut.h>
#include <math.h>
void display(void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(1.1, 0.0, 1.1);
glVertex3f(0.2,0.2,0.0);
glVertex3f(0.6,0.1,0.0);
glVertex3f(0.8,0.3,0.0);
glVertex3f(0.7,0.6,0.0);
glVertex3f(0.4,0.8,0.0);
glEnd(); glFlush(); /* Single buffered, so needs a flush. */
}
int main(intargc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutCreateWindow("POLIGON");
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
OUTPUT POLYGON
 |
polygon |
PENJELASAN PROGRAM :
glBegin(GL_POLYGON);
merupakan coding untuk membuat polygon.
glColor3f(1.1, 0.0, 1.1);
digunakan untuk memberi warna polygon
glVertex3f(0.2,0.2,0.0);
glVertex3f(0.6,0.1,0.0);
glVertex3f(0.8,0.3,0.0);
glVertex3f(0.7,0.6,0.0);
glVertex3f(0.4,0.8,0.0);
merupakan coding untuk mengatur skala polygon
glutCreateWindow("POLIGON");
merupakan coding untuk membuat window dengan nama POLIGON
REFERENSI :
Maaf kalau tampilan kurang menarik hehe
BalasHapus